Selasa, 13 Desember 2016

KAMPANYE


A.      Pengertian Kampanye
Kampanye adalah suatu usaha yang dilakukan untuk mendapatkan pencapaian dukungan baik individu maupun kelompok yang terorganisir (yang jelas berbadan hokum).
Kampanye pada umumnya dilakukan dengan slogan, pembicaraan, barang cetakan, penyiaran barang rekaman berbentuk gambar atau suara dan simbol-simbol.
Kampanye dilakukan dengan internet, guna merekayasa pencitraan kemudian upaya pengembangan.

B.    Kegunaan Kampanye
1)  Mempengaruhi
2)  Membelokkan pencapaian
3)  Menghambat

C.    Urgensi Kampanye
1)  Memobilisasi dan melibatkan orang-orang untuk terlibat dalam menyebarluaskan informasi baik tertulis melalui media atau media tidak tertulis. Untuk mencegah dan mendorong sikap individu atau public untuk melakukan dan tidak melakukan dan suatu tindakan tertentu demi kesejahteraan individu maupun public pada umumnya.
2)  Memberikan tekanan kepada para pemegang kekuasaan atau kemenangan dari pembuat keputusan. Untuk mencari solusi yang bermanfaat bagi kesejahteraan individu atau public pada umumnya.
3)     Menginformasikan dan memberikan kedudukan kepada individu atau public.
4)     Melakukan perubahan terhadap perilaku dan sikap demi kesejahteraan hidup.
5)  Mempersuasi orang-orang untuk mengerti, memahami dan melakukan tindakan tertentu.

D.      Faktor Penghambat Kampanye
1) Sekelompok khalayak yang kurang tau tentang pesan-pesan kampanye yang ditujukan kepada mereka.
2) Kemungkinan individu memberikan tanggapan pada pesan kampanye akan meningkat bila ketertarikan dan keterlibatan mereka terhadap isu yang diangkat juga meningkat.
3)    Karakteristik harus diperhatikan, sehingga pesan kampanye dapat dirancang sesuai segmen khalayak.
4)   Kemungkinan individu untuk menerima informasi atau gagasan baru akan meningkat bila informasi tersebut sejalan dengan sikap yang telah ada dengan kata lain orang cenderung menghindari informasi yang tidak sesuai yang telah diyakini.

0 komentar:

Posting Komentar