Selasa, 13 Desember 2016

PROPAGANDA


A.   Propaganda
Propaganda berasal latin, propagare dalam artian rangkaian pesan yang bertujuan untuk mempengaruhi pendapat atau kelakuan masyarakat atau sekelompok orang. propaganda tidak memberikan informasi secara objektif tetapi sengaja dirancang untuk mempengaruhi pihak tertentu. propaganda kadang-kadang menyampaikan pesan yang benar, namun sering kali menyesatkan.
dimana umumya propaganda hanya menyampaikan fakta-fakta pilihan, yang dapat menghasilkan pengaruh tertentu atau lebih menghasilkan reaksi emosional daripada reaksi rasional.

1.     Tujuan dari Propaganda
Adalah untuk merubah pikiran kognitif, narasi subjek dalam kelompok sasaran untuk kepentingan tertentu.

2.     Urgensi dari Propaganda
Sebuah upaya disengaja dan sistematis untuk membentuk persepsi, memanipulasi pikiran atau kognisi, dan mempengaruhi langsung perilaku, agar memberikan respon sesuai yang dikehendaki perilaku propaganda.
a.      Mempengaruhi opini public
b.     Memanipulasi emosi
c.      Menggalang dukungan atau penolakan

3.     Faktor Penghambat Propaganda
-         Kurangnya konteks dalam penggunaan media
-         Perbedaan pengaruh status social
-         Adanya perbedaan persepsi dalam penerimaan pesan, kondisi atau keadaan akan berpengaruh pada propaganda.

0 komentar:

Posting Komentar