Propaganda berasal latin, propagare dalam
artian rangkaian pesan yang bertujuan untuk mempengaruhi pendapat atau kelakuan
masyarakat atau sekelompok orang. propaganda tidak memberikan informasi secara
objektif tetapi sengaja dirancang untuk mempengaruhi pihak tertentu. propaganda
kadang-kadang menyampaikan pesan yang benar, namun sering kali menyesatkan.
dimana umumya propaganda hanya
menyampaikan fakta-fakta pilihan, yang dapat menghasilkan pengaruh tertentu
atau lebih menghasilkan reaksi emosional daripada reaksi rasional.
1. Tujuan dari Propaganda
Adalah untuk merubah pikiran kognitif,
narasi subjek dalam kelompok sasaran untuk kepentingan tertentu.
2. Urgensi dari Propaganda
Sebuah upaya disengaja dan sistematis
untuk membentuk persepsi, memanipulasi pikiran atau kognisi, dan mempengaruhi
langsung perilaku, agar memberikan respon sesuai yang dikehendaki perilaku
propaganda.
a. Mempengaruhi opini public
b. Memanipulasi emosi
c. Menggalang dukungan atau penolakan
3. Faktor Penghambat Propaganda
-
Kurangnya
konteks dalam penggunaan media
-
Perbedaan
pengaruh status social
-
Adanya
perbedaan persepsi dalam penerimaan pesan, kondisi atau keadaan akan berpengaruh pada propaganda.
0 komentar:
Posting Komentar